Cara Membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR ( Light Dependent Resistor )

Anonim 07.49 Edit Artikel
Assalamu'alaikum w.w -  kawan-kawan semuanya, terima kasih sudah mau berkunjung ke halaman blog admin tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2016-2017 serta informasi lowongan kerja terbaru bulan ini , semoga nantinya apa yang dibaca dan didapatkan bisa bermanfaat hendaknya, dan jangan lupa bantu juga kami untuk membagikan halaman blog ini ke facebook atau juga bisa ke twitter ya kawan-kawan.

Sekali lagi silahkan sebarkan like atau share dan juga tweet pada akun twitter anda, dan bila ada yang kurang paham dari yang saya jelaskan dibawah ini bisa anda berikan komentarnya lewat komentar facebook atau juga bisa lewat komentar akun google plus anda ya.

Cara Membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR  ( Light Dependent Resistor ) 

Cara Membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR  ( Light Dependent Resistor ) - Selamat malam semuanya kawan-kawan semuaya, pada malam ini saya akan berbagi ilmu elektronika lagi neh untuk kawan-kawan semuanya yaitu mengenai bagaimana kita bisa untuk mengontrol hidup dan matinya sebuah lampu taman atau juga bisa di aplikasikan ke lampu yang ada di rumah kita. Bagaimana sistem ini berjalan ? pada saat malam hari lampu taman atau kamar kawan-kawan akan hidup secara otomatisnya dan pada saat sudah siang maka lampu akan mati pula secara otomatisnya dan begitulah setiap hari dan setiap malam, jadi kita susah-susah lagi untuk hidup dan mati lampu kita dan bisa menghemat arus listrik.

Untuk mengontrol hidup dan mati nya lampu taman atau lampu kamar ini bisa hidup dan mati secara otomatis dengan menggunakan rangkaian sederhana sensor LDR atau LIGHT DEPENDENT RESISTOR.Sensor ini adalah sebuah resistor yang akan bisa menghambat arus pada saat mendapatkan cahaya ke penampang sensor ini. Jadi apabila pada tempat gelap maka resistansi sensor ini akan berubah kecil sekitar 10 miliohm dan akan sedikit arus yang terhambat tentu arus akan menghubungkan dari satu kutub ke  kutub lainnya, dan pada saat siang hari maka resistansi sensor ldr ini akan berubah menjadi besar sekitar 10ohm maka arus akan terhambat.

Baca juga artike tentang cara membuat sistem anti maling klik disini


 

Hal-hal Yang Harus Disediakan Untuk Membuat Rangkaian Sensor LDR

  • Resistor variable 35k.
  • Papan PCB matrix/berlobang.
  • Resistor 10k.
  • LED.
  • Transistor BC107B/NPN.
  • Kabel pelangi secukupnya.
  • Batrei 9volt atau minimal 5volt.
Silahkan atur sesuai rangkaian dibawah ini, yang mana pada rangkaian tersebut bisa kita ubah-ubah sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya pada malam hari lampu nya hidup atau ingin siang lampu nya hidup silahkan sesuaikan pada rangkaian dibawah ini. 

Cara Membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR  ( Light Dependent Resistor )
Harap anda bisa membaca rangkaian sederhana ini agar tujuan kita bisa membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR  ( Light Dependent Resistor ) bisa sesuai yang kita inginkan.

 Cara Kerja rangkaian sensor ldr pada bagian 1 :
 Apabila penampang sensor ldr tidak mendapat cahaya maka resistansinya akan kecil maka arus vcc akan mengalir ke basis transistor lalu kutub emitor dan colektor akan terhubung ke kaki negatif led maka led hidup.bisa juga di ganti dengan relay untuk menyalakan lampu arus 220volt ac
Cara kerja rangkaian sensor ldr bagian 2 :
 Apabila penampang sensor ldr mendapatkan cahaya maka resistansi besar maka arus akan mengalir ke kaki basis transistor sehingga terhubungkan emitor dan kolektor sehingga mendapatkan output negatif ke kaki led dan led akan menyala.atau bisa juga di ganti dengan relay untuk menyalakan lampu arus 220volt ac.
Terima kasih telah mau mempelajari sedikit ilmu yang bisa saya berikan kepada kawan-kawan semuanya, mudah-mudahan artikel ini selalu saja bisa hendaknya bermanfaat apalagi bagi kawan-kawan yang pemula dalam menggeluti elektronika dan kontroler ini, dan kami harap bisa membagi ulangkan halaman ini agar kawna-kawan kita juga bisa membaca artikel tentang Cara Membuat Lampu Taman Menyala Secara Otomatis Dengan menggunakan Sensor Cahaya LDR  ( Light Dependent Resistor ) ini.

Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2016-2017 serta informasi lowongan kerja terbaru bulan ini, dan sekiriny bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2016-2017 ini.
Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments