Cara Menghitung Konstanta Waktu Rangkaian RC (Resistor Capasitor)

Unknown 00.50 Edit Artikel
Cara Menghitung Konstanta Waktu Rangkaian RC (Resistor Capasitor)  – Hampir setiap rangkaian Elektronika maupun Listrik mengalami masalah “Penundaan Waktu (Time Delay)” antara INPUT dan OUTPUT. Penundaan Waktu tersebut biasanya dikenal dengan istilah “Konstanta Waktu Rangkaian”. Dalam bahasa Inggris Konstanta Waktu disebut dengan “Time Constant”. Konstanta Waktu Rangkaian ini pada umumnya dipengaruhi oleh Komponen Reaktif seperti Kapasitor yang terhubung didalamnya. Satuan pengukuran Konstanta Waktu pada rangkaian Elektronika atau listrik adalah “Tau” atau simbol “Ï„”.
Banyak juga Rangkaian Elektronika yang menggunakan Konstanta Waktu ini untuk menunda-nunda waktu ataupun perenggangan waktu pada suatu sinyal tertentu. Salah satu Rangkaian Konstanta Waktu yang paling sering ditemui adalah Konstanta Waktu yang menggunakan Kapasitor dan Resistor atau sering disebut dengan Rangkaian RC (Resistor Capacitor). Seperti yang telah kita ketahui bahwa Kapasitor adalah komponen yang menyimpan muatan listrik sehingga memerlukan waktu dalam penyimpanan dan pembuangan muatan listrik.
Pada prinsipnya, Suatu Rangkaian RC yang diberikan koneksi DC membutuhkan waktu untuk mengisi muatan listrik pada Kapasitor hingga penuh. Demikian juga saat koneksi DC tersebut dilepas, Kapasitor yang bersangkutan juga membutuhkan waktu tertentu untuk mengosongkan muatan muatan listriknya. Dengan prinsip yang sederhana ini, proses tertunda-tunda waktu (delay time) dapat dilakukan oleh sebuah Rangkaian RC.

Rangkaian RC


Cara Menghitung Konstanta Waktu Rangkaian RCBila nilai Resistansi ( R ) kecil, maka arus akan lebih mudah mengalir sehingga proses pengisian muatan listrik di Kapasitor pun akan meningkat dengan cepat. Sebaliknya, semakin besar nilai resistensinya, semakin lama pengisiannya.

Cara Menghitung Konstanta Waktu Rangkaian RC (Resistor Capasitor)

Prinsip yang disebutkan diatas, maka secara Matematis Konstanta Waktu Sebuah Rangkaian RC dapat dirumuskan sebagai berikut :

= R x C

dimana :
= Konstanta Waktu dalam satuan detik (s)
R = Resistansi / Hambatan dalam Ohm (Ω)
C = Kapasitansi dalam Farad (F)

Contoh Kasus :

Dari Rangkaian RC diatas, diketahui nilai Resistansi R adalah 2.000 Ohm dan nilai Kapasitansi C adalah 1µF. Berapakah Waktu Konstanta ?
di belakang :
R = 2000 Ohm
C = 1µF
= ?
jawaban :
= R x C
= 2000 x 0,000001
= 0,002 detik
Jadi Konstanta Waktu pada Rangkaian RC tersebut adalaah  0,002 detik atau 2 milidetik .
Catatan : Satuan Kapasitansi dalam perhitungan ini harus menggunakan satuan Farad, namun contoh kasus ini adalah micro Farad (µF) sehingga kita harus mengonversi micro Farad ke Farad terlebih dahulu.
Konversi MicroFarad (µF) ke Farad
0,1µF = 0,0000001F
1µF = 0,000001F
10µF = 0,00001F
Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments